Seleksi Petugas Haji Tingkat Kota Bekasi Diikuti 41 Calon

 Seleksi Petugas Haji Tingkat Kota Bekasi Diikuti 41 Calon

Jl. A. Yani (HUMAS Kota Bekasi)

Seleksi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kelompok Terbang (Kloter) dan PPIH Arab Saudi tingkat Kota Bekasi digelar di aula Kantor Kementerian Agama Kota Bekasi pada hari Sabtu (23/12/2023). Seleksi ini diikuti oleh 41 orang peserta calon petugas haji 1445 H/2024 M dari unsur ASN, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, Organisasi Masyarakat Terdaftar serta Pondok Pesantren, yang telah mendaftar dan dinyatakan lolos verifikasi persyaratan.

“Seleksi ini adalah bentuk ikhtiar Kementerian Agama dalam mencari, menemukan dan menentukan petugas haji yang andal, amanah dan profesional,” ucap Kepala Kantor Kemenag Kota Bekasi, H. Ali Mashuri, saat membuka kegiatan. “Adapun bagaimana hasil akhirnya harus kita yakini sebagai ketetapan dimana menjadi petugas haji adalah merupakan panggilan Allah yang tidak bisa dipaksakan,” sambungnya.

Tes dilakukan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) dengan mengujikan persoalan seputar tata cara ibadah haji yang dikaitkan dengan tugas pokok dan fungsi petugas sesuai dengan formasi yang dilamarnya. Peserta yang dinyatakan lolos CAT tingkat Kabupaten/Kota selanjutnya akan kembali diuji pada tingkat Provinsi untuk diwawancarai seputar kemampuan leadership dan mindset calon petugas yang ramah terhadap lansia.

Berbekal pengalaman berinteraksi dengan para petugas haji tahun-tahun sebelumnya, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU), Hj. Sri Siagawati, mengatakan bahwa keinginan untuk totalitas melayani Jemaah harus dijadikan niat utama dalam mengikuti seleksi. “Menjadi petugas haji itu berat, waktu yang harus dikorbankan begitu banyak, tenaga yang harus dikerahkan begitu besar, maka dari itu seleksinya juga tidak mudah,” ujar Sri. “Kalau bukan dengan niat yang lurus dan tulus untuk mengabdikan melayani Jemaah Haji, akan sangat berat menjalaninya,” lanjutnya.

Pengumuman hasil seleksi ini akan dipaparkan dalam hitungan hari melalui aplikasi PUSAKA SuperApps, untuk segera dilanjutkan dengan tes wawancara pada tingkat Provinsi. Seleksi yang berjalan ini baru dilakukan untuk calon Ketua Kloter, Pembimbing Ibadah Kloter, Pelaksana Pelayanan Akomodasi, Pelaksana Pelayanan Konsumsi, Pelaksana Pelayanan Transportasi, Pelaksana Bimbingan Ibadah, dan Pelaksana SISKOHAT. Sedangkan rekrutmen Pelaksana Kedatangan dan Keberangkatan, Pelaksana Media Center Haji (MCH), Pelaksana PKPPJH (Petugas Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama pada Jemaah Haji), Pelaksana Pelindungan Jemaah, serta Pelaksana Layanan Jemaah Penyandang Disabilitas rencanya baru akan dimulai pada bulan Januari mendatang.

Kontributor: Herrisa AW

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published.