PELATIHAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN MADRASAH DINIYAH ANGKATAN IX DI WILAYAH KERJA BALAI DIKLAT KEAGAMAAN BANDUNG TAHUN 2023

 PELATIHAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN MADRASAH DINIYAH ANGKATAN IX DI WILAYAH KERJA BALAI DIKLAT KEAGAMAAN BANDUNG TAHUN 2023

Senin 19 Juni 2023 telah dilaksanakan Pembukaan Pelatihan Manajemen Pembelajaran Madrasah Diniyah Angkatan IX di Wilayah Kerja Balai Diklat Keagamaan Bandung Tahun 2023, di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Bekasi.

Kegiatan ini dibuka oleh :

Ketua pelaksana   : Ai Nurjanah, S.Ag., M.Pd.

Widyaiswara          : Dr. H. Muaripin, M.Ag.,

                                  Dr. Hj. Siti Nurhayati, M.Pd.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bekasi   :  H. Shobirin, S.Ag., M.Si.

Kasie. PAKIS Kemenag Kota Bekasi                          :  Drs. Endang Saefuddin, M.Pd.

Pesan Kepala Kantor Kemenag Kota Bekasi, Bpk. H. Shobirin, “Bahwa kita wajib menguasai 3 hal, yaitu : Infrastruktur, Infostruktur, dan Sosistruktur untuk meningkatkan kompetensi diri”

Dasar Hukum Pelaksanaan Pelatihan ini :

  1. UU No 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara
  2. PP No. 17 tahun 2020 ttg perubahan PP 11 tahun 2017 tentang Manajemen PNS
  3. PP 49 Tahun 2018 tentang PPPK
  4. PMA No 19 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Pegawai pada Kementerian Agama
  5. SK Ka Ba Litbang dan Diklat Kementerian Agama no 67 tahun 2021 tentang Juklak Penyelenggaraan Pelatihan
  6. PMA No. 15 Tahun 2021 ttg Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan

Pelatihan ini dilaksanakan mulai tanggal 19 s.d 24 Juni 2023 dengan Kompetensi Dasar sebanyak 3 materi, Kompetensi Inti sebanyak 7 materi, dan Kompetensi Penunjang sebanyak 5 materi dengan total jam pelatihan seanyak 60JP.

Adapun tujuan dilaksanakan PDWK Pelatihan ini agar peserta pelatihan memperoleh pembekalan berupa sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Khususnya agar peserta pelatihan dapat mengelola pembelajaran madrasah diniyah.

Dengan sasarannya adalah Terwujudnya 30 orang peserta pelatihan yang dapat mengimplementasikan dan menginternalisasikan pengetahuan di satkernya masing-masing dengan memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat.

Semoga, semakin banyak guru Diniyah terlatih, semakin baik kualitas pembelajaran di Madrasah Diniyah, maka semakin berperanlah Diniyah dalam menciptakan santri-santri yang saleh dan salehah. Aamiin aamin ya Rabbal’aalamiin

Kontributor: T Endah

Related post

1 Comment

  • Sangat bermanfaat bagi kami para guru dan kepala Diniyah, membuka wawasan, menambah ilmu dan jaringan juga pertemanan, menginspirasi dan memotivasi kami dan menambah semangat dalam membimbing dan mendidik putra putri bangsa. Semoga Seluruh pendukung acara selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT, baik Panitia, Peserta dan Nara sumber nya, aamiin yaa robbal aalamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.