POKJAWAS Kota Bekasi Resmi Dilantik, Kepala Kantor Tegaskan Sinergitas

 POKJAWAS Kota Bekasi Resmi Dilantik, Kepala Kantor Tegaskan Sinergitas

Dokumentasi lengkap bisa dilihat dan diunduh di sini

Jl. A. Yani (HUMAS Kota Bekasi)

Kepala Kantor Kemenag Kota Bekasi, H. Shobirin, secara resmi melantik Kelompok Kerja Pengawas Madrasah Kota Bekasi Periode Tahun 2022-2025 pada hari Jum’at (03/06/22). Turut hadir Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Ahmad Zainal, serta 14 orang pengawas yang akan dilantik. Dalam kesempatan tersebut, Shobirin mengatakan bahwa POKJAWAS adalah mitra Kementerian Agama dalam mengawal kualitas pendidikan madrasah.

“Setelah dilantik nanti, maka Bapak dan Ibu memiliki tanggung jawab penuh atas kualitas pendidikan madrasah kita. Baik buruknya, maju mundurnya, sangat bergantung terhadap kinerja Bapak dan Ibu,” kata Shobirin.

Di hadapan para pengawas yang akan dilantik, disampaikan bahwa tugas utama POKJAWAS Kota Bekasi pada Kantor Kementerian Agama Kota Bekasi sebagaimana tercantum dalam Keputusan Kepala Kantor Nomor 1815 Tahun 2022, adalah:

  1. Mewadahi pengawas madrasah dalam peningkatan kompetensi pengawas;
  2. Mewadahi pengawas madrasah dalam peningkatan kinerja kepengawasan guna penjaminan mutu madrasah;
  3. Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas-tugas kepengawasan antar pengawas maupun dengan pihak lain;
  4. Memberi kesempatan kepada pengawas untuk berbagi pengalaman serta saling memberi bantuan dan umpan balik;
  5. Meningkatkan kesadaran pengawas terhadap permasalahan kepengawasan madrasah yang selama ini tidak disadari dan tidak terdokumentasi dengan baik; dan
  6. Menjadikan wadah sebagai komunitas belajar terdekat para pengawas dalam pengembangan profesi dan karir pengawas.

Dari sekian tugas POKJAWAS, Shobirin menegaskan bahwa sinergitas adalah hal terpenting yang sering dilupakan. Berjalan sendiri-sendiri, tidak saling berbagi informasi dan pengalaman dalam bertugas, bisa mengakibatkan masalah yang tidak perlu.

“Kunci organisasi ditentukan oleh kekompakan dan kebersamaan dalam kata lain adalah sinergitas. Jalankan program-program yang telah dicanangkan, namun ingat bahwa koordinasi dan konsolidasi adalah hal yang penting. Selalu berkoordinasi dengan kepala seksi, kepala kantor dan dinas pendidikan dalam bertugas,” ujar Shobirin.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published.