Wagub Jawa Barat Lantik PPIH Embarkasi Jakarta – Bekasi Tahun 2022

 Wagub Jawa Barat Lantik PPIH Embarkasi Jakarta – Bekasi Tahun 2022

Embarkasi Haji Jakarta – Kota Bekasi (Sabtu, 21 Mei 2022)

Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Uu Ruzhanul Ulum, melantik dan mengukuhkan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Inti Embarkasi Jakarta-Bekasi, Sabtu (21/05/2022), di Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi, Jl. Kemakmuran Kota Bekasi.

Kakanwil Kemenag Prov. Jawa Barat, H. Ajam Mustajam, melaporkan bahwa PPIH Embarkasi Jakarta-Bekasi memiliki tugas memberikan pembinaan, pelayanan, dan pelindungan jemaah haji serta mengoordinasikan pelaksanaan tugas dan fungsi PPIH kloter di wilayah embarkasi.

Adapun kegiatan, tambah mantan Kabag TU dan Kabid. PHU ini, bertujuan untuk mengukuhkan dan melantik sekaligus juga pembinaan kepada para petugas penyelenggara ibadah haji embarkasi jakarta- bekasi dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI, yang dalam hal ini diwakili oleh Staf Khusus Menag RI, HM. Nuruzzaman, dan juga dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh Wakil Gubernur, H. Uu Ruzhanul Ulum.

Selain pengukuhan dan pelantikan, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan meal test, untuk menguji cita rasa makanan jemaah haji selama di penerbangan.

“Perlu diketahui bahwa penerbangan jemaah haji Embarkasi Jakarta – Bekasi akan menggunakan pesawat maskapai penerbangan Saudi Arabian Airlines dengan jenis boeing 777 kapasitas 410 kursi,” demikian tambahnya.

Pada kegiatan ini juga merupakan ajang silaturahim yang dihadiri Kepala Bagian Tata Usaha, para Kepala Bidang dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota se-Jawa Barat, serta para Sub Koordinator dan Kepala Seksi pada Kankemenag se-Jawa Barat.

Kakanwil berharap semoga pengukuhan dan pelantikan PPIH Embarkasi Jakarta – Bekasi ini  menjadi langkah awal untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para jemaah haji Jawa Barat

Staf Khusus Menteri Agama RI, HM. Nuruzzaman menyampaikan pesan dari Gus Men, panggilan akrab Menag RI, Yaqut Cholil Qoumas, agar para petugas yang tergabung dalam PPIH Embarkasi memberikan pelayanan yang terbaik bagi para jemaah haji. Hal ini, tambahnya, dikarenakan sudah dua tahun jemaah haji batal berangkat melaksanakan ibadah haji.

Tahun ini, imbuhnya, kita dapat memberangkatkan jemaah haji, walaupun dengan keterbatasan kouta, yaitu turun sebanyak 40%.  Ia optimis, bila di tahun 2023 Indonesia akan mendapatkan kouta tambahan.

Harapan yang sama pun disampaikan oleh Wagub Jawa Barat. Ia berharap tahun depan bukan hanya kouta yang sudah biasa kita terima setiap tahun, akan tetapi ada lebihnya.

Pesan senanda pun disampaikan Wagub agar pelayanan dari PPIH kepada jemaah haji harus lebih baik lagi dan semakin prima.

“Muka Pemerintah di depan jemaah haji ada di tangan PPIH semua,” demikian tegasnya.

Panglima Santri Jawa Barat itu menegaskan bahwa jika pelayanan PPIH kepada jemaah haji maka akan memberikan efek domino terhadap citra baik pemerintah.

Ia pun berharap agar penerbangan jemaah haji pada tahun ini tidak mengalami penundaan penerbangan (delayed). Karena akibat dari penundaan penerbangan ini akan terjadi penumpukan jemaah di Asrama Haji, yang akan berpengaruh pula pada layanan jemaah haji.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published.